UMKM  

Lupa Menyimpan Nomor Referensi BPUM Apa Dananya Masih Bisa Dicairkan? Ini Penjelasannya

 Saat anda sudah melakukan reservasi di eform BRI tapi anda lupa screenshoot atau menyimpan halaman nomor referensinya, apakah dana bpum masih tetap bisa dicairkan?? Berikut penjelasannya…

Lupa Menyimpan Nomor Referensi BPUM Apa Dananya Masih Bisa Dicairkan? Ini Penjelasannya

Program Bantuan Presiden BPUM yang diperuntukan kepada pelaku usaha mikro kali ini sudah mencapai tahap 3. Pada pencairan tahap 3 periode terbaru ini eform BRI memperbarui sistem layanannya di laman resmi www.eform.bri.co.id.

Dalam sistem barunya tersebut, calon penerima bantuan bpum bri yang datanya dinyatakan terdaftar harus segera melakukan pemesanan tempat dan tanggal pencairan dana bantuannya dilaman eform bri tersebut dengan melakukan langkah reservasi online yang sudah tersedia disana.

Nantinya, setelah berhasil melakukan reservasi, anda akan mendapatkan halaman reservasi dan nomor referensi. Terkait hal ini, pihak eform bri sudah memberikan penjelasan dilaman resminya bahwa halaman nomor referensi hanya dapat ditampilkan sekali saja, jadi jangan sampai lupa untuk menyimpan atau cetak halaman tersebut agar tidak lupa.

namun bagaimana jika ternyata anda lupa menyimpan atau screenshot halaman nomor referensi tersebut?, apakah dana bpum masih tetap bisa dicairkan atau nantinya jadi jadi masalah dan dana bantuan tersebut akan tertahan?. Jawabannya adalah proses pencairan dana bantuan bpum anda tetap masih bisa dicairkan.

Karena nomor referensi yang tertera di halaman reservasi tersebut, hanya berfungsi untuk anda jika hendak melakukan perubahan jadwal tanggal dan tempat pencairan saja. Jika anda tidak merubah jadwal pencairannya, nomor referensi itu tidak akan berpengaruh pada proses pencairan dana bpum anda.

Syarat utama agar proses pencairan dana bpum anda bisa berjalan tanpa kendala yaitu cukup melampirkan beberapa syarat dokumen seperti dibawah ini:

  • Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Nomor Induk Berusdaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU)
  • Foto selfie anda sata bersama tempat usaha anda yang sudah di print out atau dicetak
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang akan anda dapatkan nanti di Bank BRI atau anda juga bisa langsung dapatkan DISINI
  • Surat keterangan kuasa calon penerima bantuan BPUM (yang didapat dari hasil pendaftaran online)
  • Bukti halaman reservasi

Untuk point ke 6 diatas, jika anda lupa menyimpan halaman reservasi, anda masih bisa mendapatkannya. Cukup dengan cara masuk lagi ke laman resmi eform bri, lalu masukan nomor NIK KTP anda dan masukan kode verivikasi yang tersedia, setelah itu pilih tombol “proses inquiry“. Maka halaman reservasi anda akan muncul seperti dibawah ini:

Untuk point ke 6 diatas, jika anda lupa menyimpan halaman reservasi, anda masih bisa mendapatkannya. Cukup dengan cara masuk lagi ke laman resmi eform bri, lalu masukan nomor NIK KTP anda dan masukan kode verivikasi yang tersedia, setelah itu pilih tombol "proses inquiry". Maka halaman reservasi anda akan muncul seperti dibawah ini:
Halaman reservasi bpum bri

Setelah itu silahkan anda print atau screenshoot halaman tersebut (seperti gambar diatas). Karena yang pentingnya itu adalah tulisan yang saya tandai diatas, bukan nomor referensinya.

Nomor referensi hanya difungsikan untuk merubah jadwal pencairan yang sudah anda buat sebelumnya. Sementara tulisan yang ditandai di gambar atas itu fungsinya sebagai bukti bahwa anda sudah melakukan penjadwalan pencairan dana bpum di tempat dan tanggal yang sudah anda tentukan.

Sekian sharing kali ini tentang lupa menyimpan halaman nomor referensi BPUM BRI. Semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.