Adsterra

Hasil Rapat Komite: Prakerja Resmi Dilanjutkan di Tahun 2022

 Hasil dari rapat komite telah dikeluarkan. Kabar baiknya adalah program bantuan Kartu Prakerja resmi dilanjutkan di tahun 2022 ini.

Hasil dari rapat komite telah dikeluarkan. Kabar baiknya adalah program bantuan Kartu Prakerja resmi dilanjutkan di tahun 2022 ini.

Kemenko Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan bahwa anggaran buat program kartu prakerja 2022 telah disiapkan sebesar Rp 11 triliun untuk kuota sebanyak 2,9 juta sampai dengan akhir tahun nanti. Anggaran dan kuota tersebut sangat mungkin bertambah karena belum termasuk dengan sisa anggaran Prakerja tahun 2021 yang masih tersedia dari hasil akun prakerja gelombang sebelumnya yang dicabut kepesertaannya.

Tercatat pada program kartu prakerja sebelumnya ada 79 juta orang yang mendaftarkan diri sebagai peserta kartu prakerja. Namun hanya 5,9 juta orang yang dinyatakan lolos dan sisanya yaitu 73,1 pendaftar yang tidak lolos seleksi. Ini menandakan Masyarakat begitu antusias terhadap program kartu prakerja ini.

Mohammad Rudy Salahuddin pun menambahkan bahwa prakerja gelombang berikutnya yaitu gelombang 23 akan segera dibuka diantara akhir Januari - awal Februari medatang. Sementara pendaftaran baru kartu prakerja akan mulai dibuka pada tanggal 6 Januari mendatang. Jadi segera siapkan data anda dan daftarkan diri anda sebagai calon peserta prakerja jika sebelumnya anda belum pernah mendaftar.

Insentif yang diberikan nantinya akan sama dengan kartu prakerja gelombang sebelumnya, yaitu sebesar Rp 2,4 juta yang pencairannya dibagi menjadi Rp 600 ribu per bulan selama 4 kali pencairan. Mitra pembayaranpun masih sama seperti sebelumnya yaitu di 5 mitra yaitu Bank BNI, Dana, OVO, LinkAja dan GoPay. Sudah disediakan juga 7 Platform digital dan 8 Institusi pendidikan untuk dapat mengakses pelatihan yang saat ini sudah tersedia sebanyak 684 lembaga pelatihan yang aktif.

Adapun syarat dan kriteria yang berhak menjadi penerima Kartu Prakerja diantaranya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun keatas dan sudah memiliki KTP
  • Belum pernah menjadi penerima bantuan di DTKS Kemensos, BSU, dan BPUM, 
  • Bukan anggota TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, BUMN/BUMD, Anggota DPR, dan atau DPRD.

Adapun kriteria yang akan diprioritaskan untuk lolos menjadi peserta kartu prakerja diantaranya:

  • Yang usahanya terdampak pandemi covid-19
  • Yang kehilangan pekerjaan
  • Yang sedang mengalami kesulitan

Baca juga: 2 Cara Upload Foto KTP Langsung Dari Galeri Di Prakerja

Semoga bermanfaat...

Belum ada Komentar untuk "Hasil Rapat Komite: Prakerja Resmi Dilanjutkan di Tahun 2022"

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak ^_^

Advertisement

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel